Kesehatan Anak

Published September 12, 2009 by arien20

Cara yang terbaik dalam member nasehat dan membimbing anak-anak adalah dengan mengetahui dulu apa yang mereka senangi dan ingin lakukan baru kemudian kita dapat menunjukkan cara yang  terbaik untuk melakukannya

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

BAYI BARU LAHIR HINGGA USIA 6 BULAN

Bayi yang baru lahir mungkin terlihat agak sembab, dengan kelopak mata yang sedikit lebih membengkak dan kadang-kadan, ditemukan bintik perdarahan pada salah satu atau kedua matanya. Hal tersebut terjadi karena tekanan pada bayi saat persalinan dan akan menghilang dalam beberapa hari. Bayi yang lahir melalui operasi Caesar biasanya tidak memperlihatkan hal seperti itu.

Bagian atas sepan dari tulang tengkorak bayi biasanya berasa lumnak, karena didaerah tersebut tulang tengkorak belum menutup. Tujuannya adalah member ruang utnuk pertumbuhan otak yang cepat. Daerah tersebut biasanya sudah tertutup oleh tulang pada usia 9-12 bulan.

Substansi berwarna putih seperti keju, yang disebut dengan verniks kaseosa, seringkali ditemukan menyelimuti permukaan kulit baru lahir. Bila bayi anda lahir lebih lama dari perkiraan, ia mungkin sudah tidak memilii verniks yang bersifat melindungi kulit tersebut, dan kulitnya tampak keriput serta mengelupas. Bila bayi anda lahir tepat waktu atau lahir lebih cepat dari perkiraan, kulitnya akan mengelupas tidak lama setelah lahir karena paparan mendadak dengan udara setelah lapisan verniks dibersihkan. Hal tersebut adalah normal dan tidak memerlukan pengobatan.

Rambut yang halus, yang disebut lanugo,mungkin ditemukan pada bahu bayi anda. Lanugo tersebut segera akan rontok setelah lahir

Sekitar 40 % bayi memiliki tanda lahir. Tanda yang umum adalah salmon patch, berupa sepotong kulit berwarna merah muda, yang biasanya terletak di batang hidung, dahi bagian bawah, kelopak mata atas bagian belakang kepala dan leher. Tanda ini biasanya menghilang pada bulan-bulan pertama setelah lahir. Sedangkan mongolion spot biasanya berwarna biru, dan sering ditemukan di tubuh bagian belakang atu di bokong.

Sekitar 10 % bayi, lebih sering pada bayi perempuan, memiliki strawberry mark. Tanda berwarna merah terang ini tidak ditemukan saat ia lahir, namun akan segera tumbuh dengan cepat. Ukuran terbesarnya dicapai pada usia 6-8 bulan. Selanjutnya warnanya akan berubah menjadi merah tua dan mulai mengesil. Sepertiga dari tanda ini akan menghilang pada usia 3 tahun.

Perut bayi tampak agak menonjol, dan anda dapat memperhatikan adanya ruang diantara otot perut dimana kulit terlihat menonjol saat bayi menangis. Ruang tersebut mungkin berupa garis memanjang kebawah perut atau berupa lingkaran di bagian bawah pusar. Hal ini normal dan akan menghilang dalam waktu satu tahun

Pangkal tali pusar berwarna putih, bening dan mengkilat pada saat bayi lahir. Bagian tersebut akan mongering, mengisut dan akhirnya lepas dalam waktu 1-3 minggu.

Alat kelamin bayi baru lahir seringkali berwarna kemerahan dan relative agar besar dibandingkan dengan tubuh bayi yang kecil :

Pada bayi perempuan mungkin ditemukan cairan bening, putih atau dengan sedikit darah yang keluar dari vagina, yang disebabkan karena pengaruh hormone ibu sewaktu dalam kandungan.

Kantong kemaluan bayi laki-laki mungkin tampak halus dan hamper tidak cukup besar untuk menampung buah zakarnya, atau mungkin juga tampak besar dan keiput. Buah zakarnya dapat bergerak keluar masuk kantong kemaluan. Kadang-kadang buah zakar msuk sampai ke pangkal penis atau bahkan sampai ke lipat paha. Asalkan buah zakar lebih sering berada di kantung kemaluan, keadaan ini masih normal. Kantung kemaluan bayi dapat terisi bening yang tidak berbahaya (hidrokel), yang terdorong dalam kantong kemaluan pada saat proses persalinan berlangsung. Diperlukan waktu 6-12 bulan untuk menghilangkan cairan tersebut, namun perlu pemeriksaan ulang pada setiap kali kunjungan rutin ke dokter. Bila pembengkakan tersebut berubah-ubah ukurannya, konsultasikan ke dokter.

Mata bayi baru lahir belum berkembang dengan sempurn, namun ia telah dapat melihat. Mata bayi dapat mendeteksi cahaya terang dan dapat mengikuti pergerakan cahaya atau benda.

Usia 1 sampai dengan 3 tahun

Pada akhir pertamanya, tingkat pertumbuhan bayi anda mulai menurun. Perubahan pada wajahnya mungkin lebih baik dibandingkan perubahan pada ukurn tubuhnya. Tinggi dan berat badan akan meningkat secara teratur, namun tidak secepat bulan-bulan pertamanya. Pertumbuhan kepalanya akan menurun secara dramatis dan hanya akan bertambah 2,5 cm pada tahun kedua kehidupannya. Pada usia 12 bulan ini masih terlihat seperti bayi.

Bila ia mulai lebih aktif, maka ototnya mulai berkembang dan lemak bayinya mulai menghilang. Secara berlahan, lengan dan tungkainya mulai bertambah panjang. Kakinya mulai mmanjang kedepan dan bukan lagi membesar kesamping dan ia mulai bisa berjalan

Jika bayi belum bias berjalan saat ia berusia 1 tahun, ia mulai bias melakukannya dalam 6 bulan mendatang. Kepandaian ini merupakan kemajuan utama yang diperolehnya dalam tahun kedua kehidupannya.

Wajah anak anda mulai tampak bersegi dan dagunya mulai terbentuk. Pada ulang tahunnya yang kedua, sudah mulai sulit utnuk membayangkan wajahnya saat ini

Usia Pra Sekolah

Sebagian besar pertambahan tinggi terjadi pada tungkainya, kadangkala seorang anak mengalami pertambahan tinggi lebih cepat dari pertambahan berat badannya sehingga ia terlihat kurus dan lemah. Namun tubuhnya akan segera membesar bersamaan dengan berkembangnya otot

Pergerakannya kini cukup lincah, baik pergerakan kedepan, kebelakang atau naik turun tangga. Pergerakan dari tumit ke jari-jari kaki yang teratur mulai terlihat.langkahnya mulai seragam, baik panjangnya, lebarnya maupun kecepatannya. Keseimbangan mulai membaik sehingga ia mulai dapat mengendarai sepeda roda tiga dengan mudah.

Di usia 5 tahun, ia sudah memiliki koordinasi serta keseimbangan bagai orang dewasa. Ia dapat berjalan dan berlari dengan langkah-langkah yang panjang, mengayun serta mantap.ia dapat naik serta turun tangga tanpa berpegangan. Ia memiliki kekuatan otot yang cukup utnuk menjalani aktivitas yang menantang, seperti berjungkir balik atau melompat jauh.

NUTRISI ANAK ANDA

Makanan untuk bayi baru lahir

Bagaimana anda memberikan  makan bayi anda merupakan keputusan yang sangat penting yang anda buat bagi bayi anda.

ASI atau susu formula merupakan makanan utama bayi anda selama 12 bulan pertama kehidupannya. Amat penting untuk mengenal tanda-tanda yang diberikan oleh bayi dan memberikan apa yang mereka butuhkan. Bila bayi memiliki masalah nutrisi atau sedang tidak sehat, ia akan kehilangan berat badannya.

Bila bayi anda iberi susu formula, ia mungkin akan menangis bila pada saat susunya habis ia masih merasa lapar. Sebaiknya bila ia telah mendapatkan cukup dalam 10 menit pertama, ia mungkin akan berhenti dan tertidur.

Bayi yang diberi ASI memiliki kebiasaan yang berbeda. Mereka tidak selalu menangis bila lapar. Untuk meyakini bahwa ia telah mendapatkan susu yang cukup dengan melihat pertambahan berat badannya. Ia harus diberi minum tiap 3-4 jam dan jangan dibiarkan tertidur selama pemberian susu sampai ia berusia 4 minggu.

Pada akhir mingu pertama kehidupannya bayi anda dapat mengkonsumsi 60-90ml ASI atau susu formula pada setiap kali minum 6-10 kali sehari

Setelah minggu ketiga, konsumsinya harus ditingkatkan menjadi 120-150 ml setiap pemberian dan frekuensi pemberiannya menjadi 5-7 kali sehari

Antara minggu ketiga sampai minggu kelima, bayi anda akan mengalami pertumbuhan yang cepat yang membuat ia lebih sering lapar dibandingkan biasannya. Bersiap-siaplah untuk lebih sering menyusui bila ia mendapatkan ASI. Bila ia mendapatkan susu formula, cobalah untuk member susu sedikit banyak pada saat pemebrian.

Memberi makan anak diats 1 tahu

Kita tentunya akan mngalami banyak kesulitan dalam member makan anak usia lebih dari 1 tahun. Anak akan mulai memilih, menolak untuk makan setelah beberapa kali suapan dan menolak duduk dimeja makan pada waktu harus makan.

Anak kecil memerlukan sekitar 100 kalori perharinya dan dibagi dalm 3 kali makan serta 2 kali makan makanan kecil. Tingkat pertumbuhannnya mulai menurun sehingga ia tidak memerlukan banyak makanan saat itu

Jangan takut bila kebiasaan makannya jadi berantakan dan selalu berbeda setiap harinya. Harus diingat dan tidak membuatwaktu makan menjadi waktu perang dalam upaya menjaga agar ia tetap mendapatkan makanan seimbang. Semakin keras anda memaksanya, semakin kecil kemungkinannya ia menurut.

Paculah ia utnuk makan dengan memberinya pilihan makanan seha setiap jam makan dan biarlah ia memilih makanannya sendiri. Sediakan makanan yang bervariasi, baik rasa maupun konsistensinya, agar ia tertarik untuk makan. Jangan pernah menawarkan kacang, anggur, wortel atau permen. Iangatlah bahwa ia membutuhkan makanan yang mengandung 5 kelompok dasar makanan yang sama seperti yang diperlukan orang dewasa.

Pastikan apapun yang anda berikan telah dihncurkan atau dipotong kecil-kecil sehingga mudah dikunyah. Tindakan ini dapat mengurangi kemungkinan untuk tersedak makanan yang besar atau keras yang dapa tmenutup jalan nafasnya. Usahakan agar anak anda makan sambil duduk diawasi oleh orang dewasa.

Pada ulang tahunnya yang pertama, anak anda dapat minum dari gelas. Sebagian besar kalori yang diperolehnya berasal dari makanan padat sehingga kebutuhan susu menurun.

Memberi makan anak usia pra sekolah

Tujaun utama sebagian besar orang tua adalah membuat makan makanan seimbang 3 kali sehari, dengan makanan kecil yang ringan dan bergizi pada pagi dan sore hari. Hanya sedikit anak usia pra sekolah yang dapat menjalani jadwal tersebut setiap harinya.

Nafsu makan dapat dipengaruhi oleh banyak factor. Anda mungkin tidak ingin makan karena lelah, terlalu gembira atau hanya karena resah untuk duduk diam. Mungkin saja anak anda menolak makanan yang sehari sebelumnya disukainya.

Hindarilah utnuk mempersoalkan berbagai macam kelakuannya. Biarkan anak makan makanan lain yang ada di piringnya atau memilih makanan lain yang ada di meja untuk dimakan. Selama anak anda memilih makanan yang tidak terlalu manis, asin dan berlemak jangan pernah melarangnya.

Dorong anak untuk mencoba makan makanan baru dengan menawarkan sedikit untuk dicoba.

Anak usia pra sekolah biasanya tidak memerlukan vitamin tambahan. Namun demikian bila anak anda memilih dan menolak makanan makanan yang bergizi seimbang. Anda harus berkonsultasi ke dokter spesialis anak utnuk perlu tidaknya pemberian vitamin tambahan.

Tujuh keajaiban menyusui dengan ASI

  1. Antibody : akanmelindungi bayi anda dari infeksi
  2. Ikatan : akan memupuk emosional antara ibu dan bayi
  3. Kemudahan : tidak memerlukan persiapan untuk membuat susu dan mensterilkan botol susu
  4. Mudah dicerna : nutrisi yang terkandung di ASI mudah dicerna oleh system pencernaan bayi yang belum matang
  5. Menambah kesehatan : bayi yang diberi ASI lebih jarang mengalami alergi di kemudian hari
  6. Gratis : ASI adalah hadiah alami yang dapat diberikan kepada bayi
  7. Ibu lebih cepat kembali ke keadaan semula, karena dengan memberi ASI memerlukan lebih banyak kalori dan membuat rahim lebih cepat mengecil

Kapan saat tepat memanggil dokter

  1. Kotoran bayi anda sangat encer dan tidak berbentuk
  2. Bayi anda tidak buang air besar selama 24 jam atau lebih
  3. Bayi anda tidak kencing dalam waktu 24 jam
  4. Air seni bayi anda gelap seperti the dan sangat berbau
  5. Timbul ruam popok yang tidak sembuh setelah beberapa lama bahkan semakin buruk

Sumber :  Kesehatan Keluarga, 2000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: